Wednesday, February 18, 2015

Contoh Pidato Sekolah Bertopik Menipisnya Lapisan ozon mengakibatkan pemanasan global

Assalamu’alaikum Wr Wb
Ibu guru yang saya hormati, dan teman-teman sekalian
Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga kita bisa berkumpul bersama disini.
Hadirin sekalian pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang menipisnya lapisan ozon  mengakibatkan pemanasan global.
Hadirin yang saya hormati,
Menipisnya lapisan ozon merupakan
berkurangnya atau hilangnya ozon yang terdapat pada lapisan atmosfer. Bila lapisan ozon menjadi tipis, permukaan bumi akan lebih terbuka terhadap radiasi UV-B, karena seperti yang kita ketahui bahwa ozon berfungsi untuk melindungi bumi beserta isinya dari sinar ultra violet secara langsung. Bisa dibayangkan jika tidak ada lagi lapisan ozon yang melindungi bumi, maka tidak akan ada lagi siklus kehidupan. Kehidupan di planet bumi ini akan musnah termasuk kita semua, karena baik tumbuhan, hewan, ataupun manusia tidak ada yang mampu bersentuhan langsung dengan sinar ultra violet yang berbahaya tersebut. Pada tahun 1980-an hingga 1990-an menurut National Aeronautick and Space Administration (NASA), lubang ozon yang luas telah dilacak di seluruh Antartika dengan kenaikan 60% pengurangan ozon berbanding dengan permukaan lubang pra-ozon. Di tahun 2000-an karena aktivitas manusia yang tidak mempedulikan lingkungan menyebabkan lubang ozon bertambah 15%.

Hadirin yang saya hormati,
Penipisan lapisan ozon disebabkan oleh meningkatnya karbon monoksida yang dihasilkan kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik industri. Penggundulan hutan pun turut berkontribusi lantaran kemampuan pohon dan hutan dalam menyerap gas-gas pemicu kerusakan lapisan ozon berkurang. Menipisnya lapisan ozon juga disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia-manusia melalui efek rumah kaca.
Hadirin yang saya hormati,
Jika ozon telah menipis, maka kita akan merasakan dampaknya yang biasa kita sebut dengan pemanasan global atau global warming. Dan ini akan menimbulkan dampak-dampak lainnya, yang pertama, yaitu peningkatan permukaan air laut. Meningkatnya permukaan air laut akan membuat pulau-pulau kecil tenggelam. Yang kedua, yaitu iklim tak stabil. Perubahan iklim yang tidak menentu akibat dari pemanasan global sudah banyak dirasakan saat ini. Beberapa daerah di indonesia telah mengalami curah hujan yang sangat rendah sehingga terjadi krisis air (kekeringan). Sedangkan di dareah lainnya malah curah hujan yang sangat tinggi sehingga terjadi banjir dan tanah longsor. Yang terakhir, Suhu dunia cenderung meningkat. Rata-rata suhu meningkat menyebabkan bumi kita ini terasa panas. Saat terik matahari, suhu udara akan melebihi dari 36°C.  Sehingga es pada kutub kini banyak yang telah mencair. Akibatnya, daratan menjadi mengecil.

Hadirin yang saya hormati

Contoh dari menipisnya lapisan ozon ini dapat kita lihat di Inggris. Lapisan ozon di atas atmosfer daerah Inggris berada di tingkat rendah, yakni dari 4 mm-5mm menjadi 2,5 mm. Menurunnya ketebalan lapisan ozon di Inggris, menurut kepala program pengamatan ozon Eropa di Postdam, disebabkan adanya kombinasi dari salju Arktik dan udara bertekanan tinggi di sekitar Atlantik Utara. Tingkatan ozon menipis di sekeliling Antartika akibat pantulan sinar matahari mendorong bahan-bahan kimia perusak ke atmosfer. Temperatur yang rendah mempercepat kerusakan ini, dan yang paling menjadi perhatian saat ini adalah Antartika, dimana sebuah lubang ozon telah terbuka sejak tahun 80-an. Selain di Inggris, di Kutub Utara juga mengalami penipisan selebar 27 juta kilometer persegi. Karena lubang ozon itu, maka es di kutub banyak yang mencair. Secara keseluruhan es di Kutub Utara menipis sebanyak 17,78 cm pertahun sejak tahun 2004.

Hadirin yang saya hormati,

Menipisnya lapisan ozon sangat berbahaya bagi semua makhluk yang ada di bumi. Oleh karena itu, kita harus mengurangi peningkatan menipisnya lapisan ozon agar dapat menanggulangi pemanasan global. Kita bisa memulainya dari hal-hal kecil seperti menanam pohon walaupun hanya di halaman rumah, tidak menebang pohon sembarangan karena tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis yang mengubah gas karbondioksida menjadi oksigen, menghindari pembakaran hutan, dan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor karena asap yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor dan pembakaran hutan menyumbang peningkatan efek rumah kaca yang semakin mengikis lapisan ozon bumi.

Hadirin yang saya hormati,

Agar lapisan ozon tidak semakin menipis, marilah kita melakukan hal-hal kecil yang telah saya sebutkan tadi.


Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan menjadikan kita mengambil keputusan yang tepat untuk memberikan solusi mengurangi penipisan lapisan ozon. Apabila ada kesalahan dalam kata-kata saya, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr wb

No comments:

Post a Comment