Thursday, February 19, 2015

Pengertian dan Contoh Drama

Sebelum ke contoh drama, saya mau menjelaskan sedikit apa itu drama. Nggak panjang kok, karena saya yakin, readers pasti sering mendengar kata drama, bahkan mungkin juga pernah/sering menonton/memainkan drama. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, drama adalah  komposisi syair atau
prosa yg diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (akting) atau dialog yg dipentaskan. Di dalam drama, ada yang namanya actor. Seorang actor harus bisa menjadi apa saja. Jika sutradara menyuruhnya memerankan tokoh pangeran, memerankan tokoh pengemis, atau bahkan menjadi seekor sapi sekalipun. Jadi actor nggak gampang kalau kamu nggak bisa *ya iyalah*. Tapi saya nggak memaksa readers untuk jadi actor kok, karena saya hanya ingin berbagi naskah drama.
            Naskah drama yang akan saya perkenalkan pada readers merupakan naskah drama yang pernah saya buat bersama teman kelompok saya sebagai tugas bahasa Indonseia. Naskah drama ini bukan berjenre misteri. Kenapa kami mengambil tema itu, karena pertama, saya dan teman saya (Alen) pengen banget buat drama yang menegangkan. Awalnya saya menyarankan untuk mengambil tema detektif, tapi otak kami nggak sepintar penulis komik Detektif Conan, walau kami termasuk peringkat 10 besar. Tapi, saya yakin, kalau kami diberi waktu, pasti kami bisa. Sayangnya, dateline-nya hanya satu minggu.
            Alasan kedua, berkali-kali saya memainkan drama yang berjenre seperti itu. Bahkan, setiap drama yang saya mainkan, pasti saya selalu mati, entah itu karena dibunuh atau bunuh diri. Yah, berharap nasib kehidupanku tidak seburuk nasib tokoh yang saya mainkan di drama. Bisa jadi, malah umurku lebih panjang. AMIN…!

            Oke, sekarang langsung ke naskah dramanya saja. Klik DISINI

No comments:

Post a Comment