Friday, February 26, 2016

PGPAUD Itu Keren

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) adalah salah satu prodi Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Makassar (UNM).

PGPAUD

Banyak orang yang meremehkan jurusan ini.
“PGPAUD? Cuma ngurus anak dong?”
“PGPAUD? Kerjaannya cuma nyebokin anak.”
Itulah beberapa ucapan orang-orang yang tidak mengerti PGPAUD.
Saya tidak menyalahkan ucapan mereka. Semua itu benar, tetapi tidak hanya “Cuma...”.

PGPAUD

Menghasilkan guru yang mampu memberikan stimulasi untuk perkembangan anak.
Stimulasi? Mungkin ada yang tidak tahu apa itu stimulasi. Baiklah, stimulasi adalah pemberian rangsangan kepada anak agar semua aspek perkembangan anak (bahasa, kognnitif, moral, motorik, intelek, sosial-emosional).

Jadi, menjadi guru TK/PAUD yang baik adalah ia yang bisa mengembangkan semua aspek tersebut. Selain itu, guru TK/PAUD itu harus kreatif. Anak berbeda dengan orang dewasa. Agar apa yang kita berikan kepada anak bisa diserapnya, salah satu caranya yaitu dengan bermain. Permainan yang diberikan pula tidak boleh monoton agar anak tidak bosan.

PGPAUD


Kalau ada yang bilang masuk PGPAUD itu gampang, itu salah.
Kalau ada yang bilang masuk PGPAUD itu susah, itu salah.
Masuk PGPAUD itu gampang gampang susah.
Untuk masuk jurusan ini, pertama kita harus sayang anak-anak tentunya.
Kedua dan seterusnya itu urusan belakangan.

PGPAUD

Seru dan menyenangkan lho kalau masuk jurusan ini.
Kita jadi lebih tahu anak-anak itu seperti apa.
Dan ada mata kuliah bermainnya lho. Jadi, kuliah kita tidak melulu harus serius.

PGPAUD

Mau belajar psikologi? Di PGPAUD juga ada kok. Tentunya psikologi anak.

PGPAUD

Walaupun anak mungkin nantinya tidak akan atau sedikit mengingat tentang masa kanak-kanaknya, tapi sebagai guru TK/PAUD, kita sudah memberikan peran besar untuk anak tersebut. Selain orang tua, guru TK/PAUD lah yang memberikan dasar-dasar perkembangan kepada anak.
Tahu teori “Tabula Rasa” oleh John Locke?

Baiklah, yang tidak tahu, seperti ini bunyi teorinya “Anak itu seperti kertas putih.” Maksudnya, apa yang kita tanamkan kepada anak akan berpengaruh besar dengan perkembangannya.
Jadi, walaupun tidak atau sedikit diingat oleh anak, tapi peran kita sangat besar lho. Gimana rasanya kalau anak didik kita suatu saat nanti menjadi orang sukses. Pastilah kita turut bangga.

Dalam islam, saat kita mengajarkan seseorang sesuatu hal (entah itu positif atau negatif) kita pasti juga akan mendapatkan ganjarannya. Kalau itu negatif, kita pasti juga kecipratan dosa. Tetapi jika itu positif,  pahala juga akan mengalir ke kita, yang biasa disebut amal jariah.

Saat guru TK/PAUD mengajarkan kepada muridnya doa sebelum belajar, doa sebelum dan sesudah makan, dan sebagainya, lalu anak tersebut selalu menggunakannya. Berapa banyak pahala yang akan kita dapat nantinya?


Jadi, yuk, mari, masuk ke PGPAUD!

No comments:

Post a Comment