Saturday, February 6, 2016

Kepada Orang Yang Baru Patah Hati by Raditya Dika



Kepada orang yang baru patah hati.


Persilahkan dirimu bersedih. Orang-orang punya pandangan yang aneh tentang bersedih. Seakan-akan bersedih adalah hal tabu. Seakan kamu harus buru-buru tertawa setelah hal buruk menimpa. Tapi tidak! Seperti hujan ditepi senja. Kamu harus membiarkan setiap sendu yang ada.
Setiap kematian butuh peratapan. Begitupun cinta yang telah mati. Maka lakukanlah yg orang patah hati lakukan. Menangis hingga kamu tidak bisa mendengar suaramu sendiri, makan coklat sebanyak-banyaknya, mandi air panas hingga jarimu pucat, pergi ke kafe dengan tatapan nanar, pesan  satu buah es teh manis karena kopi mungkin terlalu pahit disaat seperti ini.


Izinkahlah dirimu bersedih. Menangislah seakan ini terakhir kalinya kamu dikecawakan seseorang, menangislah seakan kamu lupa caranya beraharap.
Kepada orang yang baru patah hati.


Setelah kamu bosan bersedih. Inilah saatnya kamu mengangkat dirimu kembali. Mulai dengan hal yg mudah. Kamu bisa mulai mencoba mengambil gitar dan mengambil nada-nada mayor yg bahagia, ambil piano dan bermain soneta yg indah, atau jika kamu tidak bisa bermain musik, lihatlah dirimu di depan cermin dan bersenandugnlah. Lalu diantara nada2 itu, bisikkan kepada dirimu sendiri, “Aku pantas untuk bahagia”.


Kepada orang yang baru patah hati.


Selalu ada teman untuk menemani kamu. Pergilah bertemu teman. Tertawalah sampai lupa waktu. Tanyakan kabar teman  yang lain. Pamerlah keberhasilanmu dibidang-bidang yang kamu suka. Dan jika memungkinkan nogkronglah sampai kamu diusir dari tempat itu. Memang sih, kenangan tentang dirinya kadang masih sering mengganggu.
Tampat yg pernah kalian datangi tidak akan terasa sama.  Tempat yang belum tahu, mungkin akan menghampirimu dan bertanya, “si dia mana ya?”, yang  kamu akan balas dengan senyum tipis, entah bagaimana menjawabnya.


Tapi percayalah satu hal, semua ini akan berlalu. Sama seperti hal lain di dunia. Semua hal buruk pasti akan banyak pergi, hujan pasti akan terganti langit biru, gelap pasti akan terganti terang, dan luka pasti terganti dengan senyuman tipis di bibirmu.


Kepada orang yang baru patah hati.


Bersabarlah! Karena disetiap gelap ada cahaya kecil. Karena disetiap sesuatu ada pelajaran. Karena kamu pantas  untuk bahagia kembali.


No comments:

Post a Comment